Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bontonompo Kabupaten Gowa

Summiati M., Summiati M. (2016) Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bontonompo Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB 1-V.docx

Download (963kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf deskriptif dalam bahasa Makassar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bontonompo Kabupaten Gowa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bontonompo Kabupaten dengan jumlah siswa sebanyak 73 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih kelas VII-A dengan jumlah subjek penelitian 25 siswa. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, maka digunakan tes sebagai instrumen penelitian dengan memberikan soal essay kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Bontonompo Kabupaten Gowa belum mencapai standar pencapaian yang ditentukan yaitu 80% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 10 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan berada pada taraf rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya 10 orang dengan persentase 40% dan yang memperoleh di bawah KKM 15 siswa dengan persentase 60%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan sebagai berikut: (1) Pembelajaran bahasa daerah tetap diadakan karena merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang harus tetap dilestarikan. (2) Guru bahasa daerah Makassar sebaiknya menerapkan model pembelajaran atau strategi mengajar yang lebih variatif dan kreatif guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi bahasa daerah Makassar. (3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan perbandingan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mata pelajaran bahasa daerah Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 02:12
Last Modified: 02 Apr 2018 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6463

Actions (login required)

View Item View Item