KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENGALAMAN PRIBADI BAHASA BUGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKEP

JUMARNI, JUMARNI (2019) KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENGALAMAN PRIBADI BAHASA BUGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKEP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Jumarni. 2019. “Kemampuan Menulis Cerita Pengalaman Pribadi Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkep ”. Skripsi . Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hj.Kembong Daeng dan Syamsudduha).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita pengalaman pribadi bahasa Bugis dengan menggunakan model pembelajaran aktif- reflektif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkep. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Geometri, Nusa dan Gajah Mada SMP Negeri 1 Pangkep. Popuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkep berjumlah 367 orang yang terbagi ke dalam 10 kelas. Pengumpulan data dalam peneitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap : (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita pengalaman pribadi bahasa Bugis dengan menggunakan model pembeajaran aktif-reflektif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkep dikategorikan tidak mampu karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 85% dari 60 jumlah sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:58
Last Modified: 18 Jun 2019 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item