PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KUPON BICARA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN DEBAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 SOPPENG Hafsa, Ramly, Azis

Hafsa, Hafsa (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KUPON BICARA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN DEBAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 SOPPENG Hafsa, Ramly, Azis. Diploma thesis, UNEVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Hafsa_1551041033.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pengaruh Media Pembelajaran Kupon Bicara terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Debat Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Soppeng. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperime yang bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran debat sebelum menggunakan media kupon bicara, (2) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran debat setelah menggunakan media kupon bicara, dan (3) mendeskripsikan pengaruh media kupon bicara terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran debat siswa kelas X SMAN 6 Kabupaten Soppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Soppeng. Sedangkan sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Soppeng yang berjumlah 42 orang. Intrumen yang digunakan adalah tes penilaian unjuk kerja dengan menggunakan teknik tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum penerapan media kupon bicara adalah 59,17 dikategorikan rendah. (2) nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah penerapan media kupon bicara adalah 75 dikategorikan sedang. (3) Pengaruh Media Pembelajaran Kupon Bicara terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Debat dengan hasil analisis inferensial dengan uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya, terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran kupon bicara terhadapa keterampilan berbicara dalam pembelajaran debat siswa kelas X SMAN 6 Soppeng. Kata Kunci: debat, kupon bicara, keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:03
Last Modified: 07 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item