PengaruhPenggunaan Media Audiovisual TerhadapKemampuanMenulisCerpenSiswaKelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng

Heryati, Heryati (2017) PengaruhPenggunaan Media Audiovisual TerhadapKemampuanMenulisCerpenSiswaKelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Penelitianinibertujuanuntuk: (1) mendeskripsikankemampuanmenuliscerpensebelummenggunakan media audiovisualsiswa kelas X SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng; (2) mendeskripsikankemampuanmenuliscerpen setelah menggunakan media audiovisualsiswakelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng; (3) membuktikanapakahterdapatperbedaan yang signifikankemampuanmenuliscerpensiswakelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng; dan (4) mendeskripsikanpengaruhpenggunaan media audiovisual terhadapkemampuanmenuliscerpensiswakelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng. Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganmenggunakantekniktesyaitutesawal (pretest) dantesakhir (posttest). Adapunsampelpenelitianiniadalahsiswakelas X2 SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtekniktes. Keseluruhan data yang diperolehdianalisismelaluibeberapatahap: (1) membuatdaftarskormentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) analisisstatistikdekriptif; dan (4) analisisstatistikinferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)nilai rata-rata diperoleh siswa sebelum menggunakan media audiovisual (pretest) adalah77,54dikategorikansedang. 2) Nilai rata-rata yang diperoleh setelah menggunakan media audiovisual(posttes) adalah 83,34dikategorikansedang. (3) Hasilperbandinganantarapretestdanposttestbahwanilaithitung= 3,189, dankemampuanmenuliscerpensiswakelas X SMA Negeri 1 WatansopengKabupatenSoppengmenujukkanbahwanilaittabel = 2,060. Berartinilaithitung ≥ ttabel (3,189 > 2,060) makahipotesisnol (H0) ditolakdanhipotesisalternatif (H1) diterimasehinggaadapengaruh positif yang signifikanantarapretestdanposttest kemampuan menulis cerpen siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:55
Last Modified: 21 Mar 2018 07:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item