PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA BATARA GOWA SUNGGUMINASA

HAJRAWATI, HAJRAWATI (2015) PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA BATARA GOWA SUNGGUMINASA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HAJRAWATI.doc

Download (30kB)

ARTIKEL PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA BATARA GOWA SUNGGUMINASA ABSTRAK HAJRAWATI (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Andi Faridah Arsal). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi sistem pencernaan makanan siswa kelas XI IPA1 SMA Batara Gowa Sungguminasa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian akan dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, tepatnya pada bulan Februari2013 yang bertempat di SMA Batara Gowa Sungguminasa Jl. Malino No 48 Gowa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar kognitif.Teknik pengumpulan data meliputi angket motivasi, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar yang dianalisis secara kuantitatif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 69,52 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,85,meningkatkan aktivitas belajar siswa dengannilai rata-rata siklus I sebesar 47,08% dan siklus II meningkat menjadi 78,33, dan meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 56,67%, pada siklus II meningkat menjadi 90,00%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMA Batara Gowa Sungguminasa. Kata kunci:Model Course Review Horay, MotivasiBelajar, AktivitasBelajar, Hasil Belajar PENDAHULUAN ARTIKEL PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA BATARA GOWA SUNGGUMINASA ABSTRAK HAJRAWATI (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Andi Faridah Arsal). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi sistem pencernaan makanan siswa kelas XI IPA1 SMA Batara Gowa Sungguminasa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian akan dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, tepatnya pada bulan Februari2013 yang bertempat di SMA Batara Gowa Sungguminasa Jl. Malino No 48 Gowa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar kognitif.Teknik pengumpulan data meliputi angket motivasi, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar yang dianalisis secara kuantitatif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 69,52 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,85,meningkatkan aktivitas belajar siswa dengannilai rata-rata siklus I sebesar 47,08% dan siklus II meningkat menjadi 78,33, dan meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 56,67%, pada siklus II meningkat menjadi 90,00%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMA Batara Gowa Sungguminasa. Kata kunci:Model Course Review Horay, MotivasiBelajar, AktivitasBelajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:53
Last Modified: 09 Dec 2016 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item