PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN SMP NEGERI 2 PALOPO

Ningsih, Sri Hatija (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN SMP NEGERI 2 PALOPO. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 335-346. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Sri Hatija Ningsih.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kemampuan menulis teks biografi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP Negeri 2 Palopo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo yang berjumlah 256. Adapun sampel yang ditetapkan adalah 32 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik unjuk kerja. Data penelitian ini dianalisis menggunakan jenis statistik yaitu analisi statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, simpulan hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks biografi siswa lakilaki dan siswa perempuan SMP Negeri 2 Palopo, keduanya termasuk ke dalam kategori tidak tuntas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa laki-laki yaitu 80 dan siswa perempuan yaitu 92, nilai terendah yang diperoleh siswa laki-laki yaitu 55 dan siswa perempuan yaitu 55, sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki yaitu 71,36 termasuk dalam kategori baik dan siswa perempuan yaitu 74,17 termasuk kategori baik. Namun berdasarkan persentase siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP Negeri 2 Palopo yang tidak mencapai batas minimun 75%, sehingga siswa laki-laki dan siswa perempuan termasuk ke dalam kategori tidak tuntas. Hasil analisis inferensial yang diperoleh nilai t hitung yaitu 935 dengan df 30. Adapun nilai t tabel untuk df 30 yaitu 2.042 berarti nilai t hitung ≤ t tabel maka hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (H1) ditolak sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks biografi siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP Negeri 2 Palopo.Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang baru khususnya untuk aspek menulis teks biografi. Guru sebaiknya mencari strategi, model, dan bahan ajar yang digunakan untuk mengajar yang lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran menulis teks biografi siswa, khususnya di SMP Negeri 2 Palopo, Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan perbandingan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya menulis teks teks biografi. Kata kunci: perbandingan, kemampuan menulis, teks biografi

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 07:00
Last Modified: 30 Oct 2018 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11326

Actions (login required)

View Item View Item