KEEFEKTIFAN MODEL PEMETAAN PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MANDAI KABUPATEN MAROS

HUSNIAWATI, HUSNIAWATI (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMETAAN PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MANDAI KABUPATEN MAROS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mandai Kabupaten Maros dengan menggunakan model ceramah dan menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran, menguji keefektifan model pembelajaran pemetaan pikiran dalam pembelajaran menulis teks narasi (cerita pendek) siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mandai Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan desain post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 270 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Adapun yang menjadi sampel sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Data dalam penelitian ini berupa skor pembelajaran yang diperoleh dari tes tertulis yakni menulis teks cerita pendek. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis (essay). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif dengan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks narasi (cerita pendek) siswa kelas kontrol tanpa menggunakan model pemetaan pikiran dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 66. Hasil pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas eksperimen menggunakan model pemetaan pikiran dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 78. Hal ini membuktikan telah mencapai kriteria yang ditentukan yakni 75%. Penggunaan model pemetaan pikiran efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks narasi (cerita pendek) siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mandai Kabupaten Maros berdasarkan uji hipotesis dalam uji independen sample t-test, diketahui bahwa nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0.000, yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas 0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pemetaan pikiran efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi. Kata kunci: pemetaan pikiran, teks narasi, pembelajaran menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 00:41
Last Modified: 30 Jan 2019 00:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item