Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari (Suatu Tinjauan Strukturalisme Genetik Goldman)

Jumriana, Jumriana (2013) Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari (Suatu Tinjauan Strukturalisme Genetik Goldman). Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
BAB 1ww.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jumriana, 2013. “Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari (Suatu Tinjauan Strukturalisme Genetik Goldman)”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Juanda dan Aslan Abidin). Penelitian ini bertujuan mengungkapkan dan mendeskripsikan Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari (Suatu Tinjauan Strukturalisme Genetik Goldman). Penelitian ini adalah penelitian pustaka dan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah ini adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Data yang diperoleh dari sumber data primer yaitu data teks yang diperoleh dari novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Kedua data sekunder yaitu data tambahan yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Instrument pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan gagasan serta pengatahuan tentang kajian penelitian dengan teknik penganalisisan data yaitu, memahami, menandai dan mencocokkan antara data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil data diperoleh, yakni struktur novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, struktur sosial historis dan pandangan dunia pengarang. Dari struktur novel Ronggeng Dukuh Paruk dari beberapa kesimpulan, (1) identifikasi elemen tokoh yang membangun struktur novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari, (2) analisis elemen tokoh yang membangun struktur novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, (3) keberadaan tokoh dalam unsur instrinsik. Sedangkan pandangan dunia pengarang terdiri dari empat bagian yaitu, (1) pandangan dunia pengarang tentang kehidupan sosial, (2) pandangan dunia pengarang tentang ekonomi, (3) pandangan dunia pengarang tentang religius, (4) pandangan dunia pengarang tentang budaya. Saran yang dapat disimpulkan berdasarkan kesimpulan tersebut, (1) mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, diharapkan dapat mengkaji dan meneliti novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dengan metode kajian yang berbeda sebagai wujud pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) bagi pembaca dan masyarakat umum, diharapkan dapat mengambil pelajaran untuk diaplikasikan baik dalam bentuk kehidupan berumah tangga, bermasyarakat dengan menyesuaikan kondisi sosial-budaya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 01:24
Last Modified: 02 Apr 2019 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12796

Actions (login required)

View Item View Item