Keefektifan Penggunaan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa

Syahrul S, Syahrul S (2016) Keefektifan Penggunaan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I1.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V2.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol menggunakan metode konvensional; 2) keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen menggunakan metode karyawisata; dan 3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol menggunakan metode konvensional dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen menggunakan metode karyawisata. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (posttest Only Control Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penarikan sampel dilakukan dengan cara simple randomr sampling (sedehana). Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas VIIA 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 73,69. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan (>70) 22 orang (66,67%) dari 33 siswa 2) Keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 79,30. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan (>70) 28 orang (84,85%) dari 33 siswa; dan 3) Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai t_hitung= 2,975 dan t_tabel=1,998, berarti t_hitung > t_tabel. Oleh karena t_hitung > t_tabel maka hipotesis penelitian (H_1) diterima. Oleh karena itu, metode karyawisata efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:44
Last Modified: 06 Nov 2017 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item View Item