“Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Rangkuman Isi Buku Melalui Model Think Pair Share Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bonggakaradeng Kabupaten Tana Toraja”

Katappanan, Sipra (2013) “Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Rangkuman Isi Buku Melalui Model Think Pair Share Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bonggakaradeng Kabupaten Tana Toraja”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
bab I.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan menulis rangkuman isi buku melalui model Think Pair Share siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bonggakaradeng Kabupaten Tana Toraja pada tahap pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoretis dan praktis. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia sebanyak 2 orang dan siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Bonggakaradeng Kabupaten Tana Toraja dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data, yaitu: wawancara, observasi, dan tes. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan proses dan hasil peningkatan menulis rangkuman isi buku. Pada tahap pelaksanaan, siswa mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Selama proses pembelajaran siswa tampak senang mengikuti pelajaran, siswa memperhatikan dan merespon pembelajaran secara antusias, berperan aktif dan merespon positif model pembelajaran yang diterapkan. Pada tahap evaluasi, menunjukkan bahwa hasil tes pembelajaran menulis rangkuman isi buku populer mengalami peningkatan. Hasil analisis tes unjuk kerja merangkum isi buku populer yang sudah dibaca berpatokan pada tiga aspek penilaian yaitu aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Penerapan model Think Pair Share mampu meningkatkan hasil tes siswa dari tahap siklus I ketuntasan belajar siswa 66,95% dan meningkat pada tahap siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 79%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis rangkuman isi buku populer setelah pembelajaran mengalami peningkatan sebanyak 12,05% dan dinyatakan berhasil. Penulis menyampaikan saran sebagai berikut: (1) Pada tahap pelaksanaan, guru dapat mengarahkan dan membimbing siswa supaya mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. (2) Pada tahap evaluasi, diharapkan agar kemampuan menulis siswa khususnya dalam menulis rangkuman isi buku melalui model Think Pair Share lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2018 00:44
Last Modified: 28 Feb 2018 00:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item View Item