Pengaruh Model Pembelajaran Show Not Tell terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar

Bunga Susilawati, Ariani (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Show Not Tell terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model pembelajaran show not tell siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran show not tell siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar, (3) membuktikan pengaruh model pembelajaran show not tell terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Makassar. Sampel penelitian ini yaitu Kelas VII-4. Instrumen yang digunakan yaitu bentuk tugas. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji regresi yang diolah dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi:(1) keterampilan menulis teks deskripsi siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar sebelum menggunakan model pembelajaran show not tell memperoleh nilai rata-rata 2.25 dengan kategori cukup terampil, (2) keterampilan menulis teks deskripsi siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar sesudah menggunakan model pembelajaran show not tell memperoleh nilai rata-rata 2.94 dengan kategori terampil, dan (3) model pembelajaran show not tell berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar, dengan koefisien korelasi antara pre-test dan post-test adalah 0,559. Hasil terlihat bahwa nilai tersebut signifikan sebesar 0,000. Untuk menguji signifikansi koefisien korelasi adalah membandingkan nilai signifikansi yang diperoleh dengan harga α=0,05. Karena signifikansi 0,000 lebih kecil dari α=0,05 maka HI diterima. HI diterima apabila Sig. <  = 0.05. Kesimpulan yang diperoleh adalah koefisien korelasi antara keterampilan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model pembelajaran show not tell dan keterampilan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran show not tell signifikan secara statistik. Kata Kunci : Pengaruh, show not tell, keterampilan menulis, teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:12
Last Modified: 18 Dec 2017 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item