KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DALAM BAHASA BUGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUNGORO KABUPATEN PANGKEP

Ulfazanah, Nurul (2018) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DALAM BAHASA BUGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUNGORO KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
Artikel (Nurul Ulfazanah 1455040005).docx

Download (48kB)

Abstract

Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar E-mail: nurul.ulfazanah96@gmail.com ABSTRAK NURUL ULFAZANAH. 2018. “Kemampuan Menulis Cerpen dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Syamsudduha dan Usman). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dalam bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bugoro Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIId SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes pada sampel penelitian. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen dalam bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep dikategorikan tidak mampu karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 sampai 100 tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 85% dari 23 jumlah sampel dan hanya 5 siswa (21,73%) yang mencapai nilai KKM yaitu 75 sampai 100 dan 18 siswa (78,27%) yang memperoleh 0 sampai 74. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Cerpen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jul 2018 05:57
Last Modified: 18 Jul 2018 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9668

Actions (login required)

View Item View Item