Keefektifan Penerapan Model Clustering dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng

Sry, Ramdhani (2015) Keefektifan Penerapan Model Clustering dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Skripsi A. SRY RAMDHANI (1151040055).doc

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sry Ramdhani. 2015. “Keefektifan Penerapan Model Clustering dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sulastriningsih Dj dan Muh.Bachtiar Syamsuddin). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi secara langsung siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model clustering siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja; dan (3) membuktikan keefektifan penggunaan model clustering dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas X8 (kelas eksperimen) dan kelas X6 (kelas kontrol) SMA Negeri 1 Liliriaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) menentukan frekuensi kuantitatif perolehan nilai; (4) menentukan patokan tingkat penguasaan; dan (5) pengujian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis puisi secara langsung siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja pada kelas kontrol dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 70,43; (2) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model clustering pada kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja pada kelas eksperimen dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 78,20; (3) model clustering efektif diterapkan pada pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja dengan nilai t hitung = 3,375 dan harga t tabel = 2,002 pada taraf nyata 0,05 dan derajat bebas dk = 58. Sesuai hasil penelitian ini diajukan saran: (1) diharapkan Guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan model clustering dalam pembelajaran menulis karena pembelajaran dengan model clustering ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa; (2) penerapan berbagai metode dan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah suatu langkah atau usaha untuk meningkatkan minat belajar siswa. Sehinggga perlu dilakukan inovasi model dan media sesuai dengan tujuan pembelajaran; (3) dari keterbatasan penelitian pembelajaran menulis puisi siswa yang hanya dilakukan pada satu tema saja, maka diharapkan pembelajaran selanjutnya dengan model clustering, dapat ditampilkan tema yang bervariasi agar siswa termotivasi untuk lebih mengembangkan imajinasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:53
Last Modified: 05 Mar 2018 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item