Keefektifan Metode Scramble dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf pada Pembelajaran Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar

SHAFARIANA, SHAFARIANA (2018) Keefektifan Metode Scramble dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf pada Pembelajaran Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelas kontrol dalam menentukan ide pokok paragraf pada pembelajaran membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassat; (2) mendeskripsikan kelas eksperimen dalam menentukan ide pokok paragraf siswa pada pembelajaran membaca intensif kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar; dan (3) mendeskripsikan keefektifan metode scramble dalam menentukan ide pokok paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar pada pembelajaran membaca intensif. Desain penelitian yakni pretestposttest control group design yang bersifat true experimental. Populasi penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar yang berjumlah 256 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling class, yakni siswa kelas VIII-5 sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII-1 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik tes pada kegiatan pretest dan posttest dan teknik penganalisaan data dengan menggunakan uji-t. Seluruh perhitungan data dalam penelitian ini menggunakan program Statistical Package of Social Science (SPSS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan perolehan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol. Selanjutnya, dari hasil analisis inferensial dengan perhitungan uji-t tampak nilai thitung sebesar 4,473 dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2,052 atau thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan metode scramble efektif dalam menentukan ide pokok paragraf pada pembelajaran membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Kata kunci: Metode Scramble, Ide Pokok Paragraf, Membaca Intensif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 May 2018 02:21
Last Modified: 17 May 2018 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8629

Actions (login required)

View Item View Item