Up a level |
Tawil, Muhammad (2024) SURAT KETENGAN, Kerjasama dalam penelitian Mandiri, Judul PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENGAKSES KOMPETENSI SISWA. UNM, LP2M.
Fahriani, Alfira and Arsyad, Arie Arma and Saenab, Sitti and Tawil, Muhammad and Samputri, Salma (2023) Penerapan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri. JURNAL IPA TERPADU, 7 (3). pp. 447-453. ISSN 2597-8977
KEMENKUMHAM (2023) Penemuan Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio (Mengembangkan Higher-Ordertinking). EC00202331293.
Tawil, Muhammad (2023) KORESPONDEN ARTIKEL AUTHENTIC ASSESMENT DEVELOPMENT SCIENCE TO ASSESS STUDENT COMPETENCY. Fakultas MIPA, International Journal of Education and Practice, 2023, 11(2): 194-206.
Tawil, Muhammad (2022) KORESPONDEN "AUTHENTIC ASSESMENT DEVELOPMENT SCIENCE TO ASSESS STUDENT COMPETENCY". Perpustakaan UNM, FMIPA UNM.
Tawil, Muhammad (2022) KORESPONDEN AUTHENTIC ASSESSMENT DEVELOPMENT SCIENCE TO ASSESS STUDENT COMPETENCY. FMIPA, InternationalJournalofEducationandPractice,2023,11(2):194-206.
Tawil, Muhammad (2022) SERTIFIKAT AKREDITASI " PROGRAM STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM". Fakultas MIPA, Akreditasi Unggul.
Tawil, Muhammad (2022) SK /KEPUTUSAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI KEPENDIDIKAN NOMOR: 513/SK/LAMDIK/Ak/S/X/2022, TENTANG PERINGKAT AKREDITASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, KOTA MAKASSAR LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI KEPENDIDIKAN. Fakultas MIPA, BAIK SEKALI dengan nilai 354.
Tawil, Muhammad (2022) SK AKREDITAS PROGRAM DOKTOR UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (TAHUN 2008-2013) DAN SERTIFIKAT AKREDITASI - S3 PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SERTIFIKAT-AKREDITASI BAN-PT UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI). MIPA UNM.
Tawil, Muhammad (2022) SK AKREDITASI PRODI PENDIDIKAN IPA FMIPA UNM DAN SK AKREDITAS UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (TAHUN 2008-2013) DAN SERTIFIKAT AKREDITASI - S3 PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SERTIFIKAT-AKREDITASI BAN-PT UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI). UPT PEPUSTAKAAN UNM.
Tawil, Muhammad (2022) sertifikat Akreditasi Badan Sertifikasi Perguruan Tinggi UNIVERSITAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG. UNIVERSITAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG, Akreditasi Unggul.
Irmawati, Irmawati and Arsyad, Muhammad and Tawil, Muhammad (2020) ANALISIS PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 17 GOWA. S2 thesis, UNIVERSITAN NEGERI MAKASSAR.
Muhajirin, Muhajirin and Arsyad, Muhammad and Tawil, Muhammad (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE-KOTA MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Nadira, Nadira and Tawil, Muhammad and Arsyad, Muhammad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Majene. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Tawil, Muhammad (2020) SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJASAMA DARI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR DALAM PELAKSANAAN PENELITIAN. FMIPA, FMIPA UNM.
Purnamasari, Ita and Tawil, Muhammad and Khaeruddin, Khaeruddin (2019) ANALISIS KETERCAPAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMAN SEKOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Tawil, Muhammad and Dahlan, Ahmad (2017) Developing Students’ Creativity through Computer Simulation Based Learning in Quantum Physics Learning. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION, 12 (8). pp. 1830-1845. ISSN 1829-1845
Tawil, Muhammad (2015) Analisia Kemampuan Multi-Presentasi bagi Guru Dan Calon Guru IPA-Fisika. Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Hasil-hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan. pp. 766-769. ISSN 240-1322
Tawil, Muhammad (2015) Implementasi Pemberian Tugas Pada pembelajaran Fisika Terhadap Hasil.Belajar Fisika Peserta Didik. JUrnal Pendidikan MIPA, 16 (2). pp. 40-45. ISSN 1411-2531
P., Tenri Ape and Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2015) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (1). pp. 64-73. ISSN 2527-4015
Wulandari, Andi Yurisah Prastika and Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2015) Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Model Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (2). pp. 105-115. ISSN 2302-8939
Tawil, Muhammad (2015) Penerapan Pembelajaran Quided inquery terhadap hasil belajar calon guru IPA mata kuliah interaksi antara faktor-faktor fisik. JURNAL SAINS PENDIDIKAN FISIKA, 11 (2). pp. 109-111. ISSN 1858-330x
Tawil, Muhammad (2015) Upaya peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Asesmen Kinerja DI SMA Negeri 1 Sungguminasa Kab. Gowa. Prosiding Seminar Nasional Peranan asesmen dan ujian dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. ISSN 978-602-71325-7-3
Tawil, Muhammad (2014) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru IPA pada Materi Zat dan Energi Melalui Pembelajaran Berbasis Portofolio. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15 (1). pp. 53-58. ISSN 1411-253
Syahrul, Irfan and Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Berstruktur Di SMP Negeri 1 Pallangga Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (2). pp. 86-98. ISSN 2302-8939
Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2013) Portfolio-Based Physics Learning Model to Improve Critical Thinking Skills. International Journal of Education and Research, 1 (9). pp. 1-8. ISSN 2201-6333
Tawil, Muhammad (2013) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP. Proseding seminar Pendidikan Sains. pp. 593-598. ISSN 3354-7022
Tawil, Muhammad (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI. UPT PEPUSTAKAAN UNM, Pendidikan Fisika UNM.
Tawil, Muhammad (2013) PORTOFOLIO-BASED PHYSIC LEARNING MODEL TO IMPOROVE CRITICAL THINGKING SKILLS. International Journal of education research, 1 (9). pp. 1-8. ISSN 2201-6333
Tawil, Muhammad (2013) SK AKREDITAS PROGRAM DOKTOR UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (TAHUN 2008-2013) DAN SERTIFIKAT AKREDITASI - S3 PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SERTIFIKAT-AKREDITASI BAN-PT UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI). MIPA UNM, BAN-PT.
Tawil, Muhammad (2013) SK KONTRAK LAPORAN PENELITIAN BERSAING. UPT PEPUSTAKAAN UNM.
Tawil, Muhammad (2013) SK PENELITIAN DAN KONTRAK PENELITIAN HIBAH BERSAING. UPT PEPUSTAKAAN UNM.
Suwandi, Suwandi and Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2). pp. 129-138. ISSN 2302-8939
Tawil, Muhammad (2012) Implementasi Model Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. JUrnal Pendidikan MIPA, 13 (1). pp. 1-7. ISSN 1411-2531
Tawil, Muhammad (2012) Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan sains 2012. Perkembangan Penelitian Sains dan Pendidikan Sains Menuju Kemandirian Bangsa Indonesia. pp. 480-482. ISSN 2089-5828
Tawil, Muhammad (2012) Pengembangan Program Simulasi Komputer Berbasis Visual Basic Application Pada Perkulihan Gelombang dan Optika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Fisika. Jurnal nasional tidak terakreditasi: JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA, 8 (1). pp. 55-64. ISSN 1858-330X
Tawil, Muhammad (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI KOMPUTER PADA TOPIK SUPERPOSISI GELOMBANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12 (2). pp. 113-121. ISSN ISSN 1411-2531
Tawil, Muhammad (2011) Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer pada Topik Pengertian Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional . Membangun Masyarakat Melek sains yang Berbudaya dan berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sains. pp. 19-25. ISSN 978-602-99075-0-6
Tawil, Muhammad (2010) Implementasi Model Siklus Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembeelajaran Mengelas dengan Metal Siswa Kelas XII SMKN 3 Makassar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (2). pp. 157-171. ISSN 0215-2673
Tawil, Muhammad (2008) Development of The Assessment Physics Performance. Proceedings. The 2ndInternational Seminar on Science Education. Current Issues on Research and Teaching in Science Education.. pp. 272-278. ISSN 978—979-98546-4-2
Tawil, Muhammad (2008) Manipulasi Medan Magnetik Pada Ikatan Kimia Untuk Suatu Molekul Buatan. Jurnal nasional tidak terakreditasi: Chemica, 9 (1). pp. 35-43. ISSN ISSN 1411-6502.
Tawil, Muhammad (2008) Pengaruh Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas II SMP 1 Sungguminasa. Jurnal nasional tidak terakreditasi: Pendidikan dan Kebudayaan (070). pp. 79-100. ISSN ISSN 0215-2673
Tawil, Muhammad (2007) Menggambarkan Jenis-jenis Ikatan dengan Model-model Densitas Elektron. CHEMICA "Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia", 8 (2). pp. 9-17. ISSN 1411-6502
Tawil, Muhammad (2006) Analisis Pengaruh Suhu Terhadap Koefisien Dielektrik Polivinil Asetat dengan Pendekatan Havrilliak Negami. CHEMICA "Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia", 7 (2). pp. 15-32. ISSN 1411-6502
Tawil, Muhammad (2006) Implementasi Asesmen Portofolio dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Sungguminasa. Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi: Majalah Ilmiah Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5 (2). pp. 170-180. ISSN 1412-2138
Tawil, Muhammad (2006) Pengaruh strategi Asesmen Portofolio Terhadap Keterampilan Proses Siswa Kelas X SMAN 1 Sungguminasa Kab. Gowa’. Jurnal nasional tidak terakreditasi: JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA, 6. pp. 1-8. ISSN 1858-330X
Tawil, Muhammad (2006) Polimerisasi Film Polianilin dengan Metode Elektrokimia Potensiostatik. CHEMICA "Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia", 7 (1). pp. 61-70. ISSN 1411-6502
Tawil, Muhammad (2005) Kemampuan Penalaran Formal dan Lingkungan Pendidikan Keluarga Dikaitkan dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Sungguminasa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14. pp. 1047-1068. ISSN 0215-2673
Tawil, Muhammad (2005) Pembuatan Bahan Ferromagnetik BaxSr1-xTiO3. Jurnal nasional tidak terakreditasi: Gravitasi Wahana Interaksi Ilmiah, 4 (1). pp. 13-18. ISSN 1412-2375
Tawil, Muhammad (2005) Pendekatan Kontekstual pada Pendidikan Anak Dini Usia. Jurnal nasional tidak terakreditasi: EKSAKTA jurnal Matematika dan Sains Tadulako, 1 (2). pp. 110-114. ISSN 0216-3144
Tawil, Muhammad (2005) Studi Analisis Kemampuan Mengenal Alat-alat Ukur Fisika Bagi Siswa Kelas I SMUN I Sunggumiasa. Jurnal nasional tidak terakreditasi: TRANSFORMASI jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA UNM,, 8 (2). pp. 129-134. ISSN 0854-7874