ANALISIS PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 17 GOWA

Irmawati, Irmawati and Arsyad, Muhammad and Tawil, Muhammad (2020) ANALISIS PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 17 GOWA. S2 thesis, UNIVERSITAN NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL IRMAWATI.pdf

Download (452kB)

Abstract

IRMAWATI 2019. Analisis penguatan karakter peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 17 Gowa. (dibimbing oleh : Muhammad Arsyad, dan Muh. Tawil). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penguatan karakter pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 17 Gowa. Variabel dalam penelitian ini meliputi tiga tahap yakni: Perencanaan program penguatan karakter pembelajaran fisika di SMA Negeri 17 Gow. Pelaksanaan program penguatan karakter pembelajaran fisika di SMA Negeri 17 Gowa dan; penilaian program penguatan karakter pembelajaran fisika di SMA Negeri 17 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket tertutup, angket terbuka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data ini untuk data angket tertutup menggunakan analisis statistik deskriptif, untuk data wawancara dan angket terbuka menggunakan analisis interaktif, observasi menggunakan proses pengambilan data dalam penelitian dimana peneliti/pengamat melihat situasi penelitian, sedangkan untuk data dokumentasi menggunakan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan karakter pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 17 Gowa adalah tergolong baik karena tingkat keterlaksanaan programnya mencapai kategori baik yang terdiri dari perencanaan program penguatan karakter dengan tingkat keterlaksanaan tergolong baik yang didapatkan dari indikator adanya tim pengembang penguatan karakter, proses penyusunan program penguatan karakter, dan indikator keberhasilan serta daya dukung. Pelaksanaan program penguatan karakter di SMA Negeri 17 Gowa dengan tingkat keterlaksanaan mencapai kategori baik yang didapatkan dari indikator adanya pedoman pelaksanaan program penguatan karakter peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 17 Gowa dan strategi pelaksanaan program penguatan karakter yaitu proses KBM, ekstrakurikuler, dan pembiasaan melalui budaya sekolah. Penilaian program penguatan karakter di SMA Negeri 17 Gowa, dengan tingkat keterlaksanaan mencapai kategori baik yang didapatkan dari indikator karena adanya tim penilaian program penguatan karakter proses penilaian ini adalah penyusunan instrumen penilaian keberhasilan program penguatan karakter peserta didik, pengambilan dan pengolahan data, penyimpulan hasil penilaian, dan tindak lanjut Sekolah dari hasil Penilaian program penguatan karakter peserta didik di SMA Negeri 17 Gowa. Kata kunci : penguatan karakter peserta didik, pada pembelajaran fisiska

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:33
Last Modified: 02 Feb 2021 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18971

Actions (login required)

View Item View Item