Implementasi Asesmen Portofolio dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Sungguminasa.

Tawil, Muhammad (2006) Implementasi Asesmen Portofolio dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Sungguminasa. Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi: Majalah Ilmiah Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5 (2). pp. 170-180. ISSN 1412-2138

[img]
Preview
Text
Asesmen Portofolio HB.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Validasi Ases_Portofolio.docx

Download (517kB)

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) fisika siswa dan respon siswa terhadap penerapkan asesmen portofolio dalam pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa tahun ajaran 2003/2004. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap yaitu : perancangan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan revisi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data-data tersebut dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan Asesmen portofolio pada pembelajaran fisika pada materi optik geometris di kelas X Negeri 1 Sungguminasa hasil belajar (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) siswa mengalami peningkatan yang cukup berarti setiap siklusnya; (2) respon siswa terhadap impelementasi asesmen portofolio dalam pembelajaran fisika dan terhadap perangkat pembelajaran (RPP, Buku siswa, LKS, dan Suplemen asesmen portofolio) adalah positif. Kata kunci : Asesmen portofolio, hasil belajar fisika.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2017 10:59
Last Modified: 21 Nov 2017 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item