Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer pada Topik Pengertian Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Tawil, Muhammad (2011) Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer pada Topik Pengertian Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional . Membangun Masyarakat Melek sains yang Berbudaya dan berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sains. pp. 19-25. ISSN 978-602-99075-0-6

[img]
Preview
Text
Simulasi Komp_Gelombang.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
sertifikat_gelombang.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
Validasi Gelombang.docx

Download (478kB)

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dan untuk mengetahui respon mahasiswa dan respon dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan disain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dengan kategori rendah, respon mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer pada topik gelombang positif serta mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : simulasi komputer, keterampilan berpikir kreatif, topik gelombang, respon mahasiswa, respon dosen

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:00
Last Modified: 19 May 2023 12:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item View Item