Pengaruh Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas II SMP 1 Sungguminasa

Tawil, Muhammad (2008) Pengaruh Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas II SMP 1 Sungguminasa. Jurnal nasional tidak terakreditasi: Pendidikan dan Kebudayaan (070). pp. 79-100. ISSN ISSN 0215-2673

[img]
Preview
Text
Penaralaran Formal dan Hasil Belajar.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Validasi Penalaran.docx

Download (499kB)

Abstrak. Penelitian ini bersifat expost-facto yang bersifat korelasional dan bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar hasil belajar fisika siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa; (2) seberapa tingkat penalaran formal siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa; dan (3) apakah kemampuan penalaran formal mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa tahun ajaran 2005/2006, sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 80 siswa dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah tes kemampuan formal dan tes hasil belajar fisika. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh : (1) kemampuan penalaran formalnya siswa masih termasuk dalam tahap awal formal, (2) hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah, dan (3) secara signifikan kemampuan penalaran formal berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika. Kata kunci : penalaran formal, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:14
Last Modified: 21 Nov 2017 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item