Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar

P., Tenri Ape and Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2015) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (1). pp. 64-73. ISSN 2527-4015

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi - Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan....pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi - Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi..pdf - Published Version

Download (657kB)
Official URL: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/articl...

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi, dan (2) mendeskripsikan apakah hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar mengalami peningkatan setelah diajar dengan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar dengan jumlah peserta didik 30 orang . Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14Makassar setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi dengan hasil pre-test diperoleh skor maksimal perolehan peserta didik 21 dengan skor terendah 7 dalam kategori tinggi, dan pada saat post-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 24 dengan skor terendah 7 dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 setelah diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi mengalami peningkatan dengan tingkat peningkatan 0.28.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Quantum Learning, pre-test, dan post-test
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:09
Last Modified: 29 Dec 2020 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item View Item