Upaya peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Asesmen Kinerja DI SMA Negeri 1 Sungguminasa Kab. Gowa

Tawil, Muhammad (2015) Upaya peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Asesmen Kinerja DI SMA Negeri 1 Sungguminasa Kab. Gowa. Prosiding Seminar Nasional Peranan asesmen dan ujian dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. ISSN 978-602-71325-7-3

[img]
Preview
Text
Proseding HEPI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Validasi Asesmen Kinerja.docx

Download (486kB)

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian kompetensi dasar fisika dengan topik suhu dan kalor siswa kelas X semester 1 tahun ajaran 2013/2014 SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Masalah penelitian adalah “Apakah dengan mengimplementasikan strategi asesmen kinerja dapat meningkatkan pencapaian kompetensi dasar fisika dengan topik suhu dan kalor siswa kelas X semester 1 tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa. Subjek dalam penelitian ini 30 siswa kelas X6 semester 1 tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah asesmen kinerja fisika dengan topik suhu dan kalor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pencapaian kompetensi dasar fisika dengan topik suhu dan kalor siswa kelas X6 semester 1 tahun ajaran 2013/2014 dari siklus I ke siklus II, yakni 1) skor dari suplemen asesmen kinerja : a) ketuntasan indikator sebesar 33 persen, dan b) ketuntasan klasikal sebesar 45 persen, dan 2) skor dari tes kinerja fisika a) ketuntasan indikator sebesar 47 persen, dan b) ketuntasan klasikal sebesar 55 persen. Disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan strategi asesmen kinerja dapat ditingkatkan pencapaian kompetensi dasar fisika pada topik suhu dan kalor. Kata kunci : hasil belajar fisika, asesmen, kinerja fisika. Abstract This research was class action research with aims to improve physics basics competence achievement in Tempertaure and Calor topics of X grade student period of 2013/2014, SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Research problem was ”Do the implementation on Performence assement strategy able to improve physics basics competence achievement in Tempertaure and Calor topics of X grade student period of 2013/2014, SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Research subject ware 30 student X6 grade periode of 2013/2014 in SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupten Gowa. Research Instrument used Performence assesment in physics subject which was concentaretd in Temperature and Calor topics. Data analisys technique used descriptive analisys. The result shows that physics basics competence achievement in Tempertaure and Calor of X grade student was improved by the 1st ciclucs and 2nd ciclus. The Improved aspects were: (1) Score of Performence assement: (a) 33 percent of Indicator Acievement; (b) 45 percent of classical Acievement; and (2) Score of Physics perfomence test; (a) 47 percent of Indicator acievement; and (b) 55 percent of Classical Acievement. The conclution of this implementation that performence assesmen startetgi is able to improve physics basics competence achievement in Tempertaure and Calor of X grade student Keyword : physics basics competence achievement, assesment, physics preformence.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Nov 2017 10:05
Last Modified: 19 May 2023 12:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item