Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Model Makassar

Wulandari, Andi Yurisah Prastika and Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2015) Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Model Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (2). pp. 105-115. ISSN 2302-8939

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities....pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities....pdf - Published Version

Download (654kB)
Official URL: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/articl...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Static Group Comparasion Randomized Control) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas X MAN 2 Model Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis hands on activities dengan siswa yang diajar secara konvensional, untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan dengan menggunakan pembelajaran berbasi hands on activities dengan siswa yang diajar secara konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Makassar tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 10 kelas, sedang sampel penelitian diambil melalui prosedur random kelas dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 38 siswa dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 38 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika yang berbentuk essay pada pokok bahasan ”Suhu dan Kalor”. Berdasarkan hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa skor kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dari skor hasil belajar kelompok kontrol. Hasil analisis inferensial mengungkapkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen berada pada skor 24 – 25 dan skor rata-rata hasil belajar fisika kelas kontrol berada pada skor 20 – 21. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis hands on activities dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang diajar secara konvensional meskipun tidak signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, pembelajaran berbasis Hands On Activities, belajar fisika
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 30 Dec 2020 10:20
Last Modified: 30 Dec 2020 10:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18847

Actions (login required)

View Item View Item