Pendekatan Kontekstual pada Pendidikan Anak Dini Usia

Tawil, Muhammad (2005) Pendekatan Kontekstual pada Pendidikan Anak Dini Usia. Jurnal nasional tidak terakreditasi: EKSAKTA jurnal Matematika dan Sains Tadulako, 1 (2). pp. 110-114. ISSN 0216-3144

[img]
Preview
Text
Anak Dini Usia .pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
Validasi dielektrik.docx

Download (485kB)

Abstract

Abstrak.Pendekatan kontekstual (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata anak dan mendorong anak membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pendekatan CTL memiliki tujuan komponen utama, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara komponen pendekatan CTL dengan proses belajar pada pendidikan anak dini usia yang tetap dilandasi oleh filosofi Frobel bahwa” anak belajar melalui bermain”. Kelas pada suatu lembaga pendidikan anak dini usia merupakan tempat anak belajar lewat bermain. Kata Kunci: pembelajaran konsep, pendekatan CTL, Pendidikan anak dini usia, Abstract. The approach of CTL, contextual teanching and learning, is the study concept helping for teaching to relate the subject matter of tuition with the real world condition of children and to support them for correlation between their knowledge with their life as family and public members. The CTL approach has seven main component such as contructivism, questioning, inquery, learning community, modeling. Reflection dan authentic assessment. Its condusion has related between the component of CTL approach with the studied process of the children’s education of youngish age, with depends on the philosophy from a phisopher, Frobel, “Children can study in playing”. The class of an education college of youngish childrent is a place for them to study in playing Keyword: The study concept, the CTL approach, eduactaion of youngish children

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:22
Last Modified: 19 May 2023 12:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item