Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe

Suwandi, Suwandi and Tawil, Muhammad and Amin, Bunga Dara (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2). pp. 129-138. ISSN 2302-8939

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Pendekatan Pembelajaran.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Pendekatan Pembel.pdf - Published Version

Download (655kB)
Official URL: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/articl...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe yang berjumlah 35 peserta didik terdiri atas 9 laki-laki dan 26 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik dalam kelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 67,53 dengan persentase jumlah peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 70,59% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 75,88 dengan persentase jumlah peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok bahasan gaya gravitasi Newton dan elastisitas bahan peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran problem solving.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hasil belajar fiika, pendekatan pembelajaran problem solving
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 30 Dec 2020 09:48
Last Modified: 30 Dec 2020 09:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item