Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Majene

Nadira, Nadira and Tawil, Muhammad and Arsyad, Muhammad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Majene. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
2 ARTIKEL.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain treatment by level 2x2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dan yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri bebas, (2) perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dan yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri bebas pada gender laki-laki (3) perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dan yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri bebas pada gender perempuan, (4) interakasi antara model pembelajaran (inquiri terbimbing dan inquiri bebas) dan gender terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Majene. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Kelas XI MIA 1 dan MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 dan MIA 4 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan ANAVA dua jalur melalui program IBM SPSS versi 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dan yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri bebas, (2) untuk peserta didik gender laki-laki terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri bebas, (3) untuk peserta didik gender perempuan terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiri bebas, dan (4) tidak terdapat interakasi antara model pembelajaran dan gender terhadap keterampilan proses sains peserta didik, Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam menentukan strategi dan model pembelajaran yang inovatif untuk memperbaiki kualitas pembelajaran supaya peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatakan keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Gender, Model Pembelajaran inquiri terbimbing

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:44
Last Modified: 02 Feb 2021 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18974

Actions (login required)

View Item View Item