PENGGUNAAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PANCA INDERA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII-C1 DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK

KARMILA (2022) PENGGUNAAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PANCA INDERA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII-C1 DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.

[img] Text
Motto, Abstrak, Prakata dkk.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (144kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (140kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (55kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (40kB)
[img] Text
Lampiran 6.docx

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 7.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 8.docx

Download (75kB)
[img] Text
Lampiran 9.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HDUP.docx

Download (4MB)

Abstract

KARMILA, 2015. Penggunaan Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Panca Indera Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VIII-C1 Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi ini dibimbing oleh Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd dan Drs. Hj. St. Murni, M. Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan mengenal panca indera siswa tunagrahita sedang kelas VIII-C1 Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan mengenal panca indera melalui penggunaan animasi siswa tunagrahita sedang kelas VIII-C1 Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK?”. Penelitian ini bertujuan “untuk mengetahui kemampuan mengenal panca indera melalui penggunaan animasi siswa tunagrahita sedang kelas VIII-C1 Di SLBN Pembina tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK”. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa tunagrahita sedang kelas VIII-C1 Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes perbuatan dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan animasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal panca indera. Penggunaan animasi pada baseline 1 (A1) menunjukkan kemampuan mengenal panca indera masih rendah, pada intervensi (B) menunjukkan kemampuan mengenal panca indera meningkat, dan pada baseline 2 (A2) kemampuan mengenal panca indera menunjukkan kestabilan atau tetap yang berarti meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan animasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal panca indera. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penggunaan animasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal panca indera siswa tunagrahita sedang kelas VIII-C1 Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:48
Last Modified: 25 Jan 2022 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21908

Actions (login required)

View Item View Item