Sudding (2023) Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas Va SD Negeri Tidung Kota Makassar.
Text
1. HALAMAN SAMPUL.docx Download (24kB) |
|
Text
2. HALAMAN JUDUL.docx Download (27kB) |
|
Text
3. LEMBAR PESETUJUAN PEMBIMBING & PENGESAHAN.docx Download (100kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI & MOTTO.docx Download (17kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
6. PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
FOTO-FOTO.docx Download (4MB) |
|
Text
HASIL BELAJAR PRE-TES.docx Download (15kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (46kB) |
Abstract
Sudding. 2014, Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas Va SD Negeri Tidung Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas Va SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas Va SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Sementara model PTK yang dilakukan, menggunakan model spiral dari Kemmis, S dan Mc. Taggart, R yang mempunyai empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Va SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 32 orang siswa, yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Dari hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan baik dan siklus II dengan kategori baik. Sementara hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup, kemudian pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan kategori baik. Penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKn siklus I dari hasil belajar siswa mencapai kategori cukup dan pada siklus II mencapai kategori baik. Dengan demikian penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas Va SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34405 |
Actions (login required)
View Item |