PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

FITRAYANI TAJUDDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
01 sampul FIX INSYAALLAH.docx

Download (55kB)
[img] Text
02 Hal. Judul FIX INSYAALLAH.docx

Download (37kB)
[img] Text
05 Moto INSYAAALLAH FIX.docx

Download (16kB)
[img] Text
04 Pernyatan Keaslian FIX INSYAALLAH.docx

Download (16kB)
[img] Text
06 Abstrak INSYAAALLAH FIX.docx

Download (23kB)
[img] Text
06 Prakata INSYAAALLAH FIX.docx

Download (20kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI INSYAALLAH FIX.docx

Download (19kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL INSYAALLAH FIX.docx

Download (20kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR INSYAALLAH FIX.docx

Download (17kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN (71).docx

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 (72-73) HASIL OBSERVASI PRA PNELITIAN.docx

Download (49kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 (74-88) RPP EKSPERIMEN.docx

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN 18- 21 (164-167) SURAT IZIN MENELITI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

St Nurkhaerati, 2017. Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M. Pd dan Drs. Nasaruddin, S. Pd., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri Tidung. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama menggambarkan penerapan metode role playing dalam pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kedua untuk mengambarkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Ketiga untuk mengetahui pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tidung berjumlah 63 siswa, dengan rincian 35 siswa kelas IVA dan 28 siswa kelas IV B. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode role playing variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol adalah teknik Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Kelas IVA ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk hasil belajar PKn dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Berdasarkan hasil uji t analisis deskriptif nilai rata-rata hasil PKn pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penerapan metode role playing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan berupa penerapan metode role playing. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji dua pihak maka hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode role playing dibandingkan kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa tanpa metode role playing.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:20
Last Modified: 20 Jul 2023 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33082

Actions (login required)

View Item View Item