Khairah Musfirah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Prediction, Observation and Explanation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Text
1. SAMPUL.docx Download (49kB) |
|
Text
2. Prakata.docx Download (36kB) |
|
Text
4. BAB IVx.docx Download (35kB) |
|
Text
5. BAB Vx.docx Download (21kB) |
|
Text
9 Lampiran 1.docx Download (1MB) |
|
Text
10. Lampiran 3.docx Download (657kB) |
|
Text
12 Lampiran 7.docx Download (655kB) |
|
Text
14 Lampiran 10.docx Download (177kB) |
|
Text
15 Lampiran 12.docx Download (29kB) |
|
Text
17 Lampiran 13.docx Download (26kB) |
|
Text
19 Kisi.docx Download (22kB) |
|
Text
16 HASIL PRETEST.docx Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitin ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) pada siswa SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) terhadap hasil belajar IPA pada siswa SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) Gambaran model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) pada mata pelajaran IPA SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) terhadap hasil belajar IPA SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design, dengan desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu 49 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil uji hipotesis menggunakan jenis independent sample t-test melalui program SPSS 20 menunjukkan bahwa sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:17 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32015 |
Actions (login required)
View Item |