NURFATIHA (2022) PENGGUNAAN MEDIA I-CHAT ( I CAN HEAR AND TALK ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.
Text
SAMPUL LUAR.docx Download (17kB) |
|
Text
SAMPUL DALAM DKK.docx Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (30kB) |
|
Text
bab 2.docx Download (608kB) |
|
Text
bab 3.docx Download (77kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (165kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
DF.docx Download (21kB) |
|
Text
1. lampiran PETIKAN KURIKULUM.docx Download (15kB) |
|
Text
2. lampiran kisi-kisi.docx Download (14kB) |
|
Text
3. lampiran LKS.docx Download (15MB) |
|
Text
3. lampiran LKS.docx Download (15MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (60kB) |
|
Text
JURNAL.docx Download (259kB) |
Abstract
NURFATIHA, 2016. Penggunaan Media I-CHAT (I Can Hear And Talk) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Pada anak Tunarungu Kelas VII Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.H.Agus Marsidi,M.Si. dan Drs. Mufa’adi,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan media I-CHAT untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat berstruktur pada siswa tunarungu kelas VII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan anak tunarungu dalam menyusun kalimat berstruktur masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media I-CHAT dalam meningkatkan kemampuan menyusun struktur kalimat pada anak tunarungu kelas VII di SLB Negeri Pembina tingkat provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen desain Single Subject Reaserch/SSR A – B – A. Subjek penelitian adalah anak tunarungu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Data diolah secara statistik deskriptif, dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan menyusun kalimat berstruktur pada anak tunarungu kelas VII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK fase baseline 1 (A1 ) menggunakan media I-CHAT kurang dan tidak ada perubahan kemampuan dari sesi ke sesi (2) kemampuan menyusun kalimat berstruktur pada anak tunarungu kelas VII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK fase intervensi (B) menggunakan media I-CHAT mengalami peningkatan dan menunjukakan kondisi baik (3) kemampuan menyusun kalimat berstruktur pada anak tunarungu kelas VII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK fase baseline 2 (A2 ) menggunakan media I-CHAT menunjukkan kondisi yang sangat baik (4) ada peningkatan kemampuan menyusun kalimat berstruktur pada anak tunarungu kelas VII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu penggunaan media I-CHAT dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat berstruktur pada anak tunarungu kelas VII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 01:41 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 01:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22090 |
Actions (login required)
View Item |