Rini Lestari (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN KARPET HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB – C YPPLB MAKASSAR.
Text
cover depan.docx Download (29kB) |
|
Text
cover dalam.docx Download (15kB) |
|
Text
Persetujuan Pembimbing.docx Download (44kB) |
|
Text
pengesahan usulan penelitian.docx Download (39kB) |
|
Text
pernyataan keaslian skrip.docx Download (15kB) |
|
Text
Motto dan peruntukkan.docx Download (26kB) |
|
Text
Daftar Isi dll.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB I FIKS.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II FIKS.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB III FIKS.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB IV FIKS.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB V FIKS.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
INSTRUMEN PENELITIAN RINI.docx Download (833kB) |
|
Text
Hasil Uji Lapangan ( Validasi).docx Download (23kB) |
|
Text
Riwayat hidup Rini.docx Download (39kB) |
Abstract
RINI LESTARI. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Karpet Huruf Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB–C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd dan Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada kompetensi Membaca Permulaan Murid Tunagrahita ringan di kelas dasar II SLB – C YPPLB Makassar . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar melalui penerapan metode bermain karpet huruf. Berdasar pada masalah, maka tujuan yang diteliti untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar dengan penerapan metode bermain karpet huruf. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah penggunaan metode bermain karpet huruf pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar II SLB – C YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, adapun responden dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kategori yang mulanya gagal menjadi kategori sangat baik pada hasil kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode bermain karpet huruf.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:09 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21899 |
Actions (login required)
View Item |