PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V B2 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

HAERUNNISA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V B2 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) WIHDATUL UMMAH MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (27kB)
[img] Text
2a. halaman judul,pengesahan dan pernyataan keaslian.docx

Download (69kB)
[img] Text
2b. Moto Abstrak Prakata.docx

Download (33kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI, daftar gambar dst.docx

Download (33kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
10.Lamp.Nilai Siswa SIKLUS 1 dan 2.docx

Download (53kB)
[img] Text
12.Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
11.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (54kB)

Abstract

Haerunnisa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V B2 SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S. Pd., M. Pd. dan Dr. Abdul Hakim, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Tipe STAD dengan rumusan masalah, Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V B2 SDIT Wihdatul Ummah Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V B2 SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan peningkatan hasil belajar siswa. Setting penelitian bertempat di SDIT Wihdatul Ummah Makassar dengan Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V B2 SDIT Wihdatul Ummah Makassar yang aktif terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 28 orang siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD meningkatkan aktivitas guru dan murid dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil hasil tes siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori baik, dan semakin meningkat pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Tipe STAD secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa kelas V B2 SDIT Wihdatul Ummah Makassar pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:21
Last Modified: 24 Nov 2023 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34776

Actions (login required)

View Item View Item