Arnita M. Basri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba.
Text
1. SAMPUL.docx Download (39kB) |
|
Text
3. Persetujuan Pembimbing.docx Download (584kB) |
|
Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (661kB) |
|
Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (39kB) |
|
Text
6. MOTO.docx Download (15kB) |
|
Text
7. ABSTRAK ITTO.docx Download (36kB) |
|
Text
8.DAFTAR ISI.docx Download (26kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.docx Download (27kB) |
|
Text
10.DAFTAR BAGAN.docx Download (27kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (30kB) |
|
Text
12. BAB I.docx Download (39kB) |
|
Text
13. BAB II.docx Download (42kB) |
|
Text
14. BAB III.docx Download (41kB) |
|
Text
15. BAB IV.docx Download (59kB) |
|
Text
16.BAB V.docx Download (28kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.docx Download (27kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.docx Download (991kB) |
|
Text
19. Hasil tes siswa.docx Download (3MB) |
|
Text
22. RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/ siklus yang meliputi perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba dengan jumlah siswa 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, hasil belajar siswa pada siklus I belum berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan penerapan model Pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:57 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30106 |
Actions (login required)
View Item |