Hasma (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SEKELURAHAN TAMALANREA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL DLL.docx Download (468kB) |
|
Text
2. BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
3. BAB II.docx Download (49kB) |
|
Text
4. BAB III.docx Download (33kB) |
|
Text
5. BAB IV.docx Download (41kB) |
|
Text
6. BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN ANGKET UJI COBA.docx Download (34kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN DAFTAR NAMA SAMPEL.docx Download (18kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN ANGKET.docx Download (33kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN HASIL SCAN JAWABAN ANGKET.docx Download (2MB) |
|
Text
20. SURAT IZIN PENELITIAN FIP.docx Download (140kB) |
|
Text
25. RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
Penelitian ini berlandaskan pada pemberian reward menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah. Hal tersebut merupakan prakondisi yang harus ada pada diri guru dalam usaha untuk memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran pemberian reward pada siswa kelas V SD Negeri Sekelurahan Tamalanrea Kecamatan Tamalarea Kota Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sekelurahan Tamalanrea Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, (3) untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sekelurahan Tamalanrea Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, jenis survei deskriptif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah reward sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Jumlah populasi yaitu 306 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane, yang menghasilkan sampel 102 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pembagian kuesioner (angket) dan dokumentasi kegiatan penelitian. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir (pengujian hipotesis) dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Social Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Disarankan pemberian reward diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari dengan memperhatikan pedoman penerapan reward.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:22 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29879 |
Actions (login required)
View Item |