ELSI INNA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
01 sampul.docx Download (55kB) |
|
Text
02 Hal. Judul FIX.docx Download (37kB) |
|
Text
04 Pernyatan Keaslian.docx Download (16kB) |
|
Text
05 Motto.docx Download (16kB) |
|
Text
06 Abstrak12.docx Download (17kB) |
|
Text
06 Prakata FIX.docx Download (20kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI FIX.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB 2 SKRIPSI.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB 3 SKRIPSI.docx Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.docx Download (17kB) |
|
Text
9 DATA NILAI SISWA.docx Download (18kB) |
|
Text
10 HASIL ANALISIS DATA 1.docx Download (26kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (45kB) |
Abstract
Elsi Inna,2017.Pengaruh Metode pembelajaranMind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Andi Wahed, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah 1) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar 2) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Pertiwi Makassar berjumlah 66 siswa, dengan rincian 34 siswa kelas VA dan 32 siswa kelas VB. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran Mind Mapping variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol adalah teknik Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Kelas VA ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk hasil belajar IPA dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata hasil IPA pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa metode pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan berupa metode pembelajaran Mind Mapping. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji dua pihak maka hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode pembelajaran Mind Mapping dibandingkan kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa tanpa metode pembelajaran Mind Mapping.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:05 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29644 |
Actions (login required)
View Item |