PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ELSI INNA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
01 sampul.docx

Download (55kB)
[img] Text
02 Hal. Judul FIX.docx

Download (37kB)
[img] Text
04 Pernyatan Keaslian.docx

Download (16kB)
[img] Text
05 Motto.docx

Download (16kB)
[img] Text
06 Abstrak12.docx

Download (17kB)
[img] Text
06 Prakata FIX.docx

Download (20kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI FIX.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI.docx

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.docx

Download (17kB)
[img] Text
9 DATA NILAI SISWA.docx

Download (18kB)
[img] Text
10 HASIL ANALISIS DATA 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (45kB)

Abstract

Elsi Inna,2017.Pengaruh Metode pembelajaranMind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Andi Wahed, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah 1) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar 2) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Pertiwi Makassar berjumlah 66 siswa, dengan rincian 34 siswa kelas VA dan 32 siswa kelas VB. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran Mind Mapping variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol adalah teknik Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Kelas VA ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk hasil belajar IPA dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata hasil IPA pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa metode pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan berupa metode pembelajaran Mind Mapping. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji dua pihak maka hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode pembelajaran Mind Mapping dibandingkan kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa tanpa metode pembelajaran Mind Mapping.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:05
Last Modified: 09 Jun 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29644

Actions (login required)

View Item View Item