SRI WAHYUNI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.
Text
sampul I.docx Download (57kB) |
|
Text
pernyataan ayhu.docx Download (35kB) |
|
Text
ABSTRAK ayhu.docx Download (40kB) |
|
Text
daftar isi skripsi ayhu.docx Download (39kB) |
|
Text
1.Bab I.rtf Download (77kB) |
|
Text
2.Bab II.rtf Download (194kB) |
|
Text
3. Bab III.rtf Download (283kB) |
|
Text
dapus ayhu.rtf Download (47kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI AYHU.rtf Download (3MB) |
|
Text
dokumentasi ayhu penelitian.docx Download (148kB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Download (89kB) |
Abstract
SRI WAHYUNI, 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review (PQ4R) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman pada siswa kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra Khaerunnisa S.Pdi. dan Dra. Hj.St Kasmawati, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review) dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review ) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman di kelas IV. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan 2 kali pertemuan . setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan,tahap tindakan,tahap observasi dan tahap refleksi. Focus penelitian ini adalah strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review) dan hasil belajar membaca pemahaman siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tehnik observasi,tes dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar membaca pemahaman siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Hasil belajar membaca pemahaman siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat setelah diadakan tindakan siklus I hasil belajar membaca pemahaman siswa dalam kategori cukup (C). dan pada siklus II hasil belajar membaca pemahaman siswa meningkat dengan kategori Baik (B). kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review) dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 May 2023 06:27 |
Last Modified: | 31 May 2023 06:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29371 |
Actions (login required)
View Item |