PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

SRI WAHYUNI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul I.docx

Download (57kB)
[img] Text
pernyataan ayhu.docx

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK ayhu.docx

Download (40kB)
[img] Text
daftar isi skripsi ayhu.docx

Download (39kB)
[img] Text
1.Bab I.rtf

Download (77kB)
[img] Text
2.Bab II.rtf

Download (194kB)
[img] Text
3. Bab III.rtf

Download (283kB)
[img] Text
dapus ayhu.rtf

Download (47kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI AYHU.rtf

Download (3MB)
[img] Text
dokumentasi ayhu penelitian.docx

Download (148kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (89kB)

Abstract

SRI WAHYUNI, 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review (PQ4R) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman pada siswa kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra Khaerunnisa S.Pdi. dan Dra. Hj.St Kasmawati, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review) dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review ) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman di kelas IV. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan 2 kali pertemuan . setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan,tahap tindakan,tahap observasi dan tahap refleksi. Focus penelitian ini adalah strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review) dan hasil belajar membaca pemahaman siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tehnik observasi,tes dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar membaca pemahaman siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Hasil belajar membaca pemahaman siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat setelah diadakan tindakan siklus I hasil belajar membaca pemahaman siswa dalam kategori cukup (C). dan pada siklus II hasil belajar membaca pemahaman siswa meningkat dengan kategori Baik (B). kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite,Review) dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 May 2023 06:27
Last Modified: 31 May 2023 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29371

Actions (login required)

View Item View Item