PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 49 PARIA KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG

ARINI MURDIANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 49 PARIA KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (57kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (23kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (12kB)
[img] Text
5. Motto.docx

Download (13kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
6. Abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
7. PRAKATA.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
9. pembahasan.docx

Download (97kB)
[img] Text
0. LAMPIRAN.docx

Download (10kB)
[img] Text
1. RPP Siklus I.docx

Download (24kB)
[img] Text
2. RPP Siklus II.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. Lembar Kegiatan Siswa Siklus I PI.docx

Download (18kB)
[img] Text
4. Lembar Kegiatan Siswa Siklus 1 PII.docx

Download (23kB)
[img] Text
6. Hasil Observasi Guru Siklus I.docx

Download (23kB)
[img] Text
7. Hasil Observasi Guru Siklus II.docx

Download (23kB)
[img] Text
14. Nilai Tes Siswa.docx

Download (20kB)
[img] Text
16. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (68kB)

Abstract

Arini Murdianti. 2016. Penerapan Model Pebelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 49 Paria Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Hj. Nurhaedah, S.Pd, M.Hum. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 49 Paria Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Adapun rumusan masalah yaitu, bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 49 Paria Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 49 Paria Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan hasil belajar Matematika. Setting penelitian bertempat di SDN 49 Paria Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru kelas V dan siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dari siklus I yang berada pada kategori Cukup dan meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi kategori Baik. Peningkatan terlihat pula pada hasil observasi aktivitas siswa, pada siklus I berada pada kategori Cukup kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori Baik. Peningkatan persantase ketuntasan klasikal siswa pada siklus II yang berada pada kategori sangat baik meningkat dari siklus I yang berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 49 Paria Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 03:31
Last Modified: 24 May 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item