NOFITASARI DEWI POSUMAH (2022) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.
Text
SAMPUL LUAR skripsi.docx Download (21kB) |
|
Text
SAMPUL DALAM dkk.docx Download (2MB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (163kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.docx Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
|
Text
Lampiran 1.docx Download (14kB) |
|
Text
Lampiran 2.docx Download (15kB) |
|
Text
Lampiran 3.docx Download (40kB) |
|
Text
Lampiran 4.docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran 5.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 6.docx Download (11MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (150kB) |
|
Text
JURNAL NOFITASARI DEWI P.docx Download (111kB) |
Abstract
NOFITASARI DEWI POSUMAH, 2017. Penerapan Metode Outdor Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunanetra Kelas Dasar II Di SLB-A Yapti Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd dan Dr. Purwaka Hadi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya Hasil Belajar mengenal bagian-bagian tumbuhan siswa tunanetra kelas dasar II Di SLB-A Yapti Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimanakah penerapan metode Outdor Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A Yapti Makassar?”. Penelitian ini bertujuan ”untuk mengetahui hasil belajar mengenal bagian-bagian tumbuhan melalui penerapan metode Outdor Learning siswa tunanetra kelas dasar II Di SLB-A Yapti Makassar”. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa tunanetra kelas dasar II Di SLB-A Yapti Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mengenal bagian-bagian tumbuhan siswa tunanetra kelas dasar II Di SLB-A Yapti Makassar pada fase baseline 1 pembelajaran mengenal bagian-bagian tumbuhan dilakukan tanpa penerapan metode Outdor Learning. Fase baseline 1 menunjukkan hasil belajar mengenal bagian-bagian tumbuhan target behavior masih sangat rendah. Fase intervensi pembelajaran mengenal bagian-bagian tumbuhan dilakukan dengan penerapan metode Outdor Learning yang menunjukkan hasil yang baik, hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya mean level. Fase baseline 2 pembelajaran mengenal bagian-bagian tumbuhan tanpa diberikan perlakuan (Intervensi) target behavior menunjukkan hasil yang sangat baik dengan meningkatnya mean level dan data yang stabil. Dapat disimpulan bahwa penerapan Metode Outdor Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A Yapti Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 03:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 03:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22189 |
Actions (login required)
View Item |