SYAIPUL PAHRU (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN GUNUNGSARI 2 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul skripsi 2.docx Download (24kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (49kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (11kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1.docx Download (29kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2.docx Download (26kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3a.docx Download (26kB) |
|
Text
LAMPIRAN 8.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (38kB) |
Abstract
SYAIPUL PAHRU.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SDN Gunung Sari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SDN Gunung Sari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagamanakah gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) siswa kelas IV SDN Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar? 2. Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Studet Team Achievemet Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN Gunung Sari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) siswa kelas IV SDN Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. 2. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Studet Team Achievemet Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN Gunung Sari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Gunung Sari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1. Motivasi belajar siswa di SDN Gunung Sari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar mengalami peningkatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) 2. Terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 06:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 06:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30177 |
Actions (login required)
View Item |