PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS I SDN 047 INPRES BANUA BARU KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

SITI ZAKIYAH RAHMAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS I SDN 047 INPRES BANUA BARU KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
1. SAMPUL DLL.docx

Download (77kB)
[img] Text
2. BAB 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
7. LEMBAR OBSERVASI GURU.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. LEMBAR OBSERVASI SISWA.docx

Download (30kB)
[img] Text
9. Hasil Penelitian.docx

Download (26kB)
[img] Text
10. Dokumentasi.docx

Download (6MB)
[img] Text
12. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Siti Zakiyah Rahman, 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas I SDN 047 Inpres Banua Baru Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Muslimin, M.Ed. dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru belum pernah menggunakan media audio visual sebagai alat bantu belajar. Saat proses pembelajaran, siswa menggunakan buku paket dalam mempelajari IPA sehingga siswa tidak dapat melihat objek yang dipelajari secara langsung. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu: 1) bagaimanakah gambaran penggunaan media audio visual dalam mata pelajaran IPA?, 2) bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA?, dan 3) apakah ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) gambaran penggunaan media audio visual dalam mata pelajaran IPA, 2) gambaran hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, dan 3) pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design bentuk Intact Group Comparison yang membagi kelas menjadi 2 kolompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data dengan uji t menggunakan bantuan SPSS version 20. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas I SDN 047 Inpres Banua Baru Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:02
Last Modified: 03 Aug 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33362

Actions (login required)

View Item View Item