HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD Se-KELURAHAN TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

MARWAH (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD Se-KELURAHAN TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (50kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (45kB)
[img] Text
6. MOTTO.docx

Download (18kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (24kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (23kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.docx

Download (24kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (23kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (127kB)
[img] Text
1. KISI-KISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
2. VALIDASI ANGKET.docx

Download (1MB)
[img] Text
12. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

MARWAH., 2016. Hubungan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuudin., M.Si dan Dr. Andi Nurochmah M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah gambaran lingkungan belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, serta adakah hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar dan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif-korelasional, dengan keseluruhan populasi sebanyak 266 orang siswa. Maka untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik Cluster Sampling, dengan menentukan sampel daerah dengan memilih satu kelas V di setiap sekolah sehingga diperoleh 150 siswa, kemudian mengambil 25% dari sampel daerah yang ada sehingga diperoleh sampel sebanyak 38 orang siswa. Populasi didapatkan dari SD Siswa Kelas V Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, yang berjumlah empat sekolah. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik dokumentasi dan angket, uji validitas, uji reliabilitas, serta analisis datanya menggunakan uji normalitas data, uji lineritas, uji hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran lingkungan belajar siswa di kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukan Kota Makassar berada pada kategori kurang, gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar berada pada kategori kurang dan ada hubungan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:18
Last Modified: 14 Jul 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32888

Actions (login required)

View Item View Item