PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGPADA SISWAKELAS V SDN KAKATUA KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR

Rezky Anggiani A.Husaini (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGPADA SISWAKELAS V SDN KAKATUA KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (54kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK dan PRAKATA.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
data akhir siklus I.docx

Download (17kB)
[img] Text
Data Hasil Siklus 2.docx

Download (17kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
rekapitulasi nilai.docx

Download (15kB)
[img] Text
siklus 1 pert 1.docx

Download (331kB)
[img] Text
siklus 1 pert 2.docx

Download (128kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (27kB)

Abstract

Rezky Anggiani A. Husaini, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V SDN Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh: Dra.St. Nursiah B., M.Pd. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas Va. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SDN Kakatua Makassar. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SDN Kakatua Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem solving dan hasil belajar. Setting penelitian ini adalah SDN Kakatua Makassar, yang bertempat di Jalan Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada sisklus I berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:08
Last Modified: 12 Jul 2023 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32862

Actions (login required)

View Item View Item