Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Riska (2023) Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
1,2 Sampul.docx

Download (50kB)
[img] Text
2. persetujuan.docx

Download (93kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx

Download (14kB)
[img] Text
6. PRAKATA.docx

Download (24kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
9. daftar gambar.docx

Download (14kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Cara siswa dalam belajar IPS yang berbeda-beda dapat menyebabkan hasil belajar IPS tiap siswa pun berbeda-beda, seperti yang terjadi pada siswa kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gaya belajar siswa kelas V SDN Gunung Sari I?, (2) bagaimana gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gunung Sari I?, (3) apakah ada hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gunung Sari I? Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui gaya belajar siswa kelas V, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gunung Sari I dan (3) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 56 siswa, penulis menggunakan teknik sampling Nonprobability Sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung (0,845). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Simpulan penelitian ini adalah: (1) siswa kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar mayoritas memiliki gaya belajar visual, (2) Gambaran Hasil belajar menunjukkan bahwa siswa telah menerapkan gaya belajarnya dengan baik sehingga diperoleh hasil belajar yang baik pula, dan (3) Ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa (visual, auditorial, kinestetik) dengan hasil belajar IPS. Besar koefisien korelasi antara gaya belajar siswa (visual, auditorial, kinestetik) dengan hasil belajar IPS yaitu sebesar 0,845 dan termasuk dalam kategori kuat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:25
Last Modified: 27 Jun 2023 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32022

Actions (login required)

View Item View Item