PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK AMALIA KOTA MAKASSAR

RISMA SUMESI NURDIN (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK AMALIA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (41kB)
[img] Text
3. MOTTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. PRAKATA.docx

Download (16kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
7. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
8. BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
9. BAB III.docx

Download (61kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
14. SKENARIO PERTAMA SIKLUS I.docx

Download (13kB)
[img] Text
15. SKENARIO KEDUA SIKLUS I.docx

Download (15kB)
[img] Text
17. SKENARIO KEDUA SIKLUS II.docx

Download (14kB)
[img] Text
18. HASIL OBSERVASI GURU.docx

Download (43kB)
[img] Text
19. HASIL OBSERVASI PENILAIAN ANAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
20. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
21. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

RISMA SUMESI NURDIN, 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Pada Anak Kelompok A Taman Kanak Kanak Amalia Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Muhammad Yusri Bachtiar, S.Pd.,M.Pd dan Dra. Sri Sofiani, M.Pd. Program Studi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak yang masih rendah oleh karena itu rumusan masalah adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui bermain kartu angka bergambar pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Amalia Kota Makassar, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui bermain kartu angka bergambar pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Amalia Kota Makassar yang kemudian dijabarkan melalui tiga indikator, yaitu: 1) anak mampu menyebut lambang bilangan 1-10, 2) anak mampu menunjukkan lambang bilangan 1-10, 3) anak mampu menyebutkan lambang bilangan sesuai dengan banyaknya benda. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A TK Amalia Kota Makassar, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kemampuan menyebut lambang bilangan 1-10, kemampuan menunjukkan lambang bilangan 1-10, dan kemampuan menyebut lambang bilangan sesuai dengan banyaknya benda, tes lisan digunakan untuk kedua kemampuan tersebut. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan PTK ini dari keseluruhan jumlah nilai anak memperoleh nilai rata-rata lebih dari 75% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I nilai rata-rata presentasi anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik sebesar 57,00%. Pada Siklus II rerata persentasi nilai anak meningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain sambil belajar dengan menggunakan media kartu angka lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Amalia Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 05:36
Last Modified: 01 Feb 2023 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26949

Actions (login required)

View Item View Item