Peningkatan Kemampuan Berhitung dengan Metode Bermain Balok Pada Anak didik Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-1 Kota Makassar.

Ramliah (2023) Peningkatan Kemampuan Berhitung dengan Metode Bermain Balok Pada Anak didik Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-1 Kota Makassar.

[img] Text
sampul.docx

Download (42kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
parakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
daftar isi & daftar pustaka.docx

Download (23kB)
[img] Text
Bab I, II, III, IV, V.docx

Download (68kB)
[img] Text
Kisi kisi Instrumen.docx

Download (18kB)
[img] Text
Observasi anak.docx

Download (24kB)
[img] Text
Observasi guru.docx

Download (36kB)
[img] Text
Lampiran foto kegiatan.docx

Download (37MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (50kB)

Abstract

Ramliah 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung dengan Metode Bermain Balok Pada Anak didik Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-1 Kota Makassar. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: 1. Syamsuardi, S.Pd, M.Pd , 2. Hajerah , S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh membangun kemampuan berhitung anak TK dalam memahami konsep bilangan dengan menggunakan media permainan balok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak didik kelompok B TK Kartika XX-1 Makassar melalui permainan balok. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B, TK Kartika XX-1, tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 12 anak didik. Pembelajaran berhitung di TK masih menggunakan metode drill dan praktek-praktek pencil paper test, ini mambuat anak merasa cepat bosan dan capek. Agar kemampuan berhitung anak dapat berkembang dengan lebih baik maka diperlukan suatu media yang menyenangkan yaitu dengan media permainan balok. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 4 tahapan : perencanaan , observasi, evaluasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yaitu tes dan nontes, secara nontes melalui observasi, dan tes melalui unjuk kerja. Tehnik analisis data secara kualifikatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung dengan media balok pada setiap pertemuan. Pada aspek pemahaman bilangan kondisi awal kemampuan anak 16% yang berkembang sangat baik, pada pertemuan I kemampuan anak meningkat menjadi 16,6%, pertemuan II meningkat menjadi 33,32%, pertemuan III meningkat 66,64% dan meningkat lebih baik lagi pada pertemuan IV yaitu 83,3%. Peningkatan ini melebihi dari indikator keberhasilan yang ingin dicapai yaitu 75%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Kartika XX-1. Disarankan guru dapat mengembangkan media balok lebih bervariasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak TK.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:28
Last Modified: 26 Jan 2023 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item View Item