PENERAPAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURANGI AMARAH SISWA DI SMKN 2 ENREKANG

ANRIANSYAH (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURANGI AMARAH SISWA DI SMKN 2 ENREKANG.

[img] Text
0. SAMPUL. Luar.docx

Download (32kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (50kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
7. PRAKATA.docx

Download (18kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II baru.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN 8.docx

Download (43kB)
[img] Text
LAMPIRAN 9.docx

Download (35kB)
[img] Text
LAMPIRAN 10.docx

Download (35kB)
[img] Text
Lampiran 11.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 12.docx

Download (27kB)

Abstract

Anriansyah, 2016. Penerapan Teknik Self Control dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Mengurangi Amarah Siswa di SMKN 2 Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Anas Malik, M.Pd dan Sahril Buchori, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik self control dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengurangi amarah siswa di SMKN 2 Enrekang. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik self control dalam bimbingan kelompok di SMKN 2 Enrekang? 2. Bagaimana tingkat kemampuan mengurangi amarah siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self control dalam bimbingan kelompok? 3. Apakah penerapan teknik Self control dalam bimbingan kelompok dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mengurangi amarahn di SMKN 2 Enrekang? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self control dalam bimbingan kelompok di SMKN 2 Enrekang. 2. Untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan mengurangi amarah siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self control dalam bimbingan kelompok. 3. Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik self control dalam bimbingan kelompokuntuk meningkatkan kemampuan mengurangi amarah siswa di SMKN 2 Enrekang . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen dengan desain one group pretest-postest design populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 2 Enrekang pada Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian sebanyak 18 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksaan teknik self control dalam bimbingan kelompok terdiri atas 3 tahapan yaitu pemantauan diri, pengukuhan diri, dan kontrol stimulus. 2. Tingkat kemampuan mengurangi amarah siswa di SMKN 2 Enrekang sebelum diberikan teknik self control berada pada kategori sedang dan setelah diberikan teknik self control dalam bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi. 3. Penerapan teknik self control dapat meningkatkan kemampuan mengurangi amarah siswa di SMKN 2 Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:49
Last Modified: 08 Sep 2022 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24610

Actions (login required)

View Item View Item