QASRINA (2022) PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN SISWA BERBICARA DI DEPAN KELAS DI SMP NEGERI 40 BULUKUMBA.
Text
SAMPUL SKRIPSI.rtf Download (5MB) |
|
Text
Halaman depan.docx Download (102kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (53kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 ( Pelaksanaan Eksperimen).docx Download (28kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2 ( Skenario Pelaksanaan ).docx Download (24kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 ( Kisi2 Angket Sblum uji coba).docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN 12 ( Data Analisis Statistik).docx Download (51kB) |
|
Text
LAMPIRAN 13 ( Data hasil pnlitian Gain Scor).docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN 14 ( Pedoman Observasi).docx Download (55kB) |
|
Text
LAMPIRAN 15 ( Data Hasil Analisis Observasi).docx Download (22kB) |
|
Text
LAMPIRAN 16 ( Dokumentasi).docx Download (208kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (38kB) |
Abstract
Qasrina. 2013. Skripsi. Penerapan teknik Assertive Training untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas di SMP Negeri 40 Bulukumba. Dibimbing oleh DR. Abdul Saman, M.Si Kons dan Drs. Muhammad Anas Malik, M. Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Kecemasan siswa berbicara di depan kelas. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas sebelum dan sesudah diberi teknik Assertive Training di SMP Negeri 40 Bulukumba ? (2) Apakah penerapan teknik Assertive Training dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas di SMP Negeri 40 Bulukumba ?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas sebelum dan sesudah diberi teknik Assertive Training. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik Assertive Training dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas di SMP Negeri 40 Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen pretest-posttest One group design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 40 bulukumba dengan jumlah 10 responden. Pada penelitian ini perlakuan yang diberi berupa teknik Assertive Training untuk mengetahui apakah teknik tersebut dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas. Instrumen pengukuran yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Wilcoxon Signed Rank test (Z). Hasil penelitian ini adalah: (1) Gambaran umum tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas di SMP Negeri 40 Bulukumba sebelum pemberian teknik Assertive Training berada pada kategori tinggi, dan setelah pemberian teknik Assertive Training berada pada kategori rendah (2) Teknik Assertive Training dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas di SMP Negeri 40 Bulukumba.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 02:49 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 02:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24302 |
Actions (login required)
View Item |