IRIANTI NUR (2022) PENERAPAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM BELAJAR DI SMP NEGERI 27 MAKASSAR.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (63kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (85kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (105kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK SELF-EFFICACY.docx Download (22kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
lampiran 1-7.docx Download (74kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
Irianti Nur. 2012. Penerapan Teknik Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Ibrahim M.Si dan Drs. Muh. Anas Malik, M.Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan Self-Efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran Self-Efficacy siswa dalam belajar sebelum dan setelah diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok di SMP Negeri 27 Makassar, 2. Apakah penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan self-efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :1. gambaran self-efficacy siswa dalam belajar sebelum dan setelah diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok di SMP Negeri 27 Makassar. 2. penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan self-efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental Design terhadap 30 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 27 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat Self-Efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar sebelum diberi perlakuan pada kategori sedang. Setelah diberi perlakuan tingkat Self-Efficacy siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori sangat tinggi. (2) Pemberian teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan Self-Efficacy siswa dalam belajar, artinya dengan menggunakan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok maka dapat membantu meningkatkan Self-Efficacy siswa dalam belajar kelas VIII di SMP Negeri 27 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 01:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 01:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24180 |
Actions (login required)
View Item |