PENERAPAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM BELAJAR DI SMP NEGERI 27 MAKASSAR

IRIANTI NUR (2022) PENERAPAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM BELAJAR DI SMP NEGERI 27 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (63kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK SELF-EFFICACY.docx

Download (22kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
lampiran 1-7.docx

Download (74kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

Irianti Nur. 2012. Penerapan Teknik Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Ibrahim M.Si dan Drs. Muh. Anas Malik, M.Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan Self-Efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran Self-Efficacy siswa dalam belajar sebelum dan setelah diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok di SMP Negeri 27 Makassar, 2. Apakah penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan self-efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :1. gambaran self-efficacy siswa dalam belajar sebelum dan setelah diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok di SMP Negeri 27 Makassar. 2. penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan self-efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental Design terhadap 30 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 27 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat Self-Efficacy siswa dalam belajar di SMP Negeri 27 Makassar sebelum diberi perlakuan pada kategori sedang. Setelah diberi perlakuan tingkat Self-Efficacy siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori sangat tinggi. (2) Pemberian teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan Self-Efficacy siswa dalam belajar, artinya dengan menggunakan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok maka dapat membantu meningkatkan Self-Efficacy siswa dalam belajar kelas VIII di SMP Negeri 27 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:00
Last Modified: 04 Aug 2022 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24180

Actions (login required)

View Item View Item