RIKA. N (2022) PENGGUNAAN CUBARITME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN DUA ANGKA BAGI MURID TUNANETRA KELAS II DI SLB A YAPTI MAKASSAR.
Text
1. Sampul luar.docx Download (58kB) |
||
Text
2. Sampul dalam.docx Download (58kB) |
||
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBIN1 ttd.docx Download (833kB) |
||
Text
3. pernyataan keaslian skripsi.docx Download (19kB) |
||
Text
4. Motto dan persembahan.docx Download (16kB) |
||
Text
5. Abstrak.docx Download (21kB) |
||
Text
6. prakata.docx Download (21kB) |
||
Text
7. Daftar isi.docx Download (25kB) |
||
Text
8. Daftar tabel.docx Download (17kB) |
||
Text
10. Daftar Grafik.docx Download (22kB) |
||
Text
11. Daftar lampiran.docx Download (17kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
||
Text
BAB II.docx Download (672kB) |
||
Text
BAB III.docx Download (43kB) |
||
Text
BAB IV.doc Download (430kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
||
Text
LAMPIRAN 0.docx Download (16kB) |
||
Text
validasi.docx Download (28kB) |
||
Text
VALIDASI 2.docx Download (19kB) |
||
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (792kB) |
||
|
Image
IMG_4728.JPG Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
IMG_4729.JPG Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
IMG_4730.JPG Download (1MB) | Preview |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (642kB) |
||
Text
JURNAL RIKA.docx Download (69kB) |
Abstract
Rika. N, 2019. Penggunaan Cubaritme Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Dua Angka Bagi Murid Tunanetra Kelas II di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi Dibimbing Oleh Dr. Usman, M.Si dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu murid tunanetra kesulitan dalam penjumlahan bilangan dua angka di SLB A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sebelum penggunaan cubaritme? (2) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sesudah penggunaan cubaritme? (3) Bagaimanakah gambaran peningktata kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar melalui penggunaan cubaritme? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sebelum penggunaan cubaritme? (2) Mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sesudah penggunaan cubaritme? (3) Mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar melalui penggunaan cubaritme? Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah dua orang murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dalam bentuk tabulasi data kemudian dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar penjumlahan pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sebelum penggunaan media cubaritme tidak mampu memahami konsep penjumlahan 1-50 (2) Hasil belajar penjumlahan pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar setelah penggunaan media cubaritme siswa mampu memahami konsep penjumlahan 1-50 (3) Terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar melalui penggunaan media cubaritme. Kata kunci: Cubaritme, Penjumlahan bilangan dua angka, murid tunanetra
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 05:45 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 05:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22380 |
Actions (login required)
View Item |