PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENERAPAN TEKNIK DISCRETE TRIAL TRAINING (DTT) PADA MURID AUTIS KELAS DASAR III DI SLB C YPPLB MAKASSAR

MUHAMMAD YUSRIL ARAFAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENERAPAN TEKNIK DISCRETE TRIAL TRAINING (DTT) PADA MURID AUTIS KELAS DASAR III DI SLB C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL (i).docx

Download (46kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI (ii).doc

Download (463kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI (iii).doc

Download (987kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (iv).docx

Download (212kB)
[img] Text
5. MOTO DAN PERUNTUKAN (v).docx

Download (14kB)
[img] Text
6. ABSTRAK (vi).docx

Download (23kB)
[img] Text
7. PRAKATA (vii-ix).docx

Download (28kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI (x-xi).docx

Download (22kB)
[img] Text
9. DAF GBR, GRAF, TABEL, LAM (xiii-xix).docx

Download (26kB)
[img] Text
10. BAB I (1-7).doc

Download (65kB)
[img] Text
11. BAB II (8-37).doc

Download (157kB)
[img] Text
12. BAB III (38-49).doc

Download (106kB)
[img] Text
13. BAB IV (50-97).docx

Download (309kB)
[img] Text
14. BAB V (98-101).docx

Download (24kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA (102-103).doc

Download (31kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN (104).docx

Download (13kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN 1 INSTRUMEN (105-110).doc

Download (630kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN 3 FORMAT PENILAIAN INSTRUMEN TES (120-121).doc

Download (65kB)
[img] Text
21. DATA HASIL KEMAMPUAN MENULIS (162-163).docx

Download (21kB)
[img] Text
22. DOKUMENTASI (164-167).docx

Download (8MB)
[img] Text
24. LAMPIRAN 7 PERSURATAN (169).docx

Download (16kB)
[img] Text
23. RIWAYAT HIDUP (168).docx

Download (42kB)
[img] Text
28. JURNAL YUSRIL.docx

Download (106kB)

Abstract

MUHAMMAD YUSRIL ARAFAH 2019 Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Penerapan Teknik Discrete Trial Training (DTT) Pada Murid Autis Kelas Dasar III di SLB C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis murid autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB C YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis melalui penerapan teknik DTT pada murid autis kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kemampuan menulis murid autis kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar pada kondisi baseline 1 (A1), 2) mengetahui penerapan teknik DTT pada murid autis kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar pada kondisi intervensi (B), 3) mengetahui peningkatan kemampuan menulis melalui penerapan teknik DTT pada murid autis kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar pada fase baseline 2 (A2), 4) mengetahui peningkatan kemampuan menulis melalui penerapan teknik DTT berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid autis kelas dasar III SLB C YPPLB Makassar berinisial MW. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian kemampuan menulis murid autis: 1) pada baseline 1 (A1) stabil, 2) intervensi (B) stabil, 3) baseline 2 (A2) stabil, 4) analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik DTT dapat meningkatkan kemampuan menulis murid autis kelas dasar III di SLB C YPPLB Makassar. Kata kunci: Discrete Trial Training, kemampuan menulis, Autis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:58
Last Modified: 23 Feb 2022 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22304

Actions (login required)

View Item View Item